Friday, June 1, 2012

Rahasia Di Balik Lagu "Someone Like You"

Berbagi Ilmu dan Informasi Terkini London – Penyanyi asal Inggris yang meraih enam Grammy Awards ini terkenal dengan lagunya yang sedih. Kini,para ilmuwan berhasil memecahkan rahasia di balik lagu sedih Adele. Ingin tahu?
Rolling In The Deep dan Someone Like You berhasil membuat Adele mendapat status ikonik tersebut. Hal ini berkat kekuatan untuk membuat para pendengarnya meneteskan air mata. Para psikolog yakin memiliki jawaban mengenai hal tersebut. Para peneliti mengaku telah lama mengetahui fitur khusus musik yang secara konsisten mampu menimbulkan respon emosional kuat dari pendengarnya. 
 
Psikolog Inggris John Sloboda menemukan ini dari penelitian yang ia lakukan 20 tahun lalu. Sloboda menemukan, perangkat musik yang disebut Appoggiatura yang merupakan nada yang berbenturan dengan melodi cukup untuk menciptakan disonansi. “Ini menciptakan tensi pada pendengar. 
 
Saat nada kembali ke melodi, tensi berubah dan ini terasa enak,” katanya. Di momen resolusi ini, reaksi yang lebih kuat akan terpancing di saat itulah, air mata mengalir. Selain itu, menurut hasil studi ini, musik bisa memberi pendengarnya perasaan tertentu jika musik itu memuat kejutan dalam volume, timbre dan pola harmoni.
 
sumber : topbanget.info